Minggu, 31 Mei 2009

Nilai - Nilai Terpelihara

Nilai – nilai yang terpelihara

Sebenarnya yang saya harapkan itu, dan yang sudah disosialisasikan ke orangbanyak itu begini :
1. Awali dengan sosialisasi, pastikan suasana menccair. Bisa dilakukan dengan Perkenalan seluruh yang ada diruangan; khusus peserta dapat menyampaikan keunggulan-keunggulannya. Sementara orang lain menanggapi dan memnyampaikan pujiannya / tanggapannya kepada temannya tadi. Suasana dicairkan dengan memastikan setiap anggota saling membutuhkan, atau tidak ada peluang untuk memilih-milih teman. Misalnya dengan membuat kelompok-kelompok kecil yang dibagi secara mendadak, dengan memutar lagu atau apa saja.
2. Facilitator menyampaikan : bahwa setiap orang mempunyai banyak hal yang dipelihara dalam hidupnya sehari-hari, dan itu disebut dengan nilai-nilai pribadi. Tetapi tim sudah memilih 7 nilai yang biasanya dipelihara seseorang dalam hidupnya. Dan peserta diberi kesempatan memilih salah satu dari 7 nilai tersebut sebagai nilai-nilai yang paling sering dipelihara setiap hari.
3. Peserta yang nilainya sama dapat digabung menjadi kelompok; mereka menceritakan pengertian dan contoh-contoh nilai yang mereka pegang, alasannya dan pengalaman-pengalamana=nya.

Tidak ada komentar: